PEMBERITAHUAAN TENTANG IPC


Pemberitahuan                        :
1.      Kami ucapkan Selamat kepada peserta yang lolos seleksi Abstrak. Untuk selanjutnya dimohon mengirimkan karya tulisnya hard dan soft file untuk seleksi tahap karya tulis.
2.      Didalam panduan tertulis:
a.      Abstrak (Judul Bab) diubah menjadi Ringkasan (Judul Bab)
b.     Nomor rekening untuk mentransfer biaya registrasi adalah 0226756324 (BNI) atas nama Susanti Dwi Wardani
3.      Pengiriman Hard file karya paling lambat tanggal 30 Mei 2013 (Cap Pos). Diterima panitia tanggal 31 Mei 2013.
4.      Pengumuman finalis (15 Tim) akan diumumkan tanggal 6 Juni 2013 di blog sscmipa.blogspot.com
5.      Semua finalis IPC  berhak mengikuti Seminar Nasional Penelitiaan Dosen  di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial.
6.      Tiap anggota kelompok finalis IPC (15 Tim) akan dikenai biaya tambahan (diumumkan tanggal 6 Juni 2013 di blog sscmipa.blogspot.com) dengan alokasi seperti yang tertera pada panduan.
7.      Mohon maaf atas kekurangan pelayanannya dari kami.

INFO SEC

Assalamu'alaikum wr. wb.
Salam ilmiah!

Kami panitia SSC ENGLISH ESSAY COMPETITION (SEC) memberitahukan bahwa pengumpulan berkas & karya Essay dalam bahasa Inggris softfile dan hardfile diterima panitia tanggal 03 Juni 2013 pukul 12.00 WIB. Untuk Softfile silahkan dikirim ke the3rdsec@yahoo.com dan hardfile dikirimkan ke :
Sekretariat SSC Komplek PKM FMIPA Universitas Negeri Semarang Sekaran Gunungpati Semarang 50229.

Adapun berkas yang harus dikirimkan adalah formulir pendaftaran, scan ktm, scan bukti pembayaran, lembar orisinalitas, naskah essay.

Setelah melakukan pengiriman silahkan konfirmasi ke 085725608809 dengan format SEC_Nama Pengirim_Asal Universitas_3 Kata depan Judul Naskah. contoh : SEC_ARIF RAHMAN_UNNES_THINK SMART REACH"

Untuk petunjuk penulisan, formulir dan lembar orisinalitas dapat di download disini

Terima Kasih,
Pan. SEC

Wassalamualaikum wr.wb.

PENDAFTARAN DAN PENGUMPULAN KARYA UNTUK OLIMPIADE KARYA TULIS ILMIAH (OKTI) DIPERPANJANG

Salam Ilmiah!!!

Diberitahukan kepada seluruh peserta OKTI tingkat SMA bahwa pendaftaran dan pengumpulan karya dari peserta diperpanjang, dengan jadwal sebagai berikut: 


1.     Pendaftaran dan Penyerahan Karya Tulis                        : 1 April - 2 Juni 2013
2.     Penyeleksian Karya Tulis                                               : 3 Juni - 6 Juni 2013
3.     Pengumuman Karya Tulis yang Lolos ke Babak Final     : 7 Juni 2013

Info terbaru SPC

 A.  TEMA
Bersama Scientist Muda Kembangkan Keilmiahan yang Konservatif untuk Indonesia Emas 2045
  B.  SUB TEMA
        1.      Energi Terbarukan
        2.      Teknologi
        3.      Kesehatan
        4.      Pendidikan
        5.      Pertanian
        6.      Bencana
        7.      Transportasi
        8.      Pangan
        9.      Budaya



C.  WAKTU PELAKSANAAN
Untuk waktu pelaksanaan diundur hingga september 2013
1.    15 April - September 2013              : Pendaftaran online




D.  BIAYA PENDAFTARAN dan SASARAN
Peserta dikenakan biaya sebesar Rp 30.000,00/karya. Peserta merupakan mahasiswa S1/D3 Se- Jawa Tengah & DIY

E.  PENGHARGAAN
1.  Juara 1 : Rp 700.000,00 + Tropi + Sertifikat 
2.  Juara 2 : Rp 450.000,00 + Tropi + Sertifikat 
3.  Juara 3 : Rp 350.000,00 + Tropi + Sertifikat 

F.  Mekanisme dan Aspek Penilaian
Karya dinilai dari 3 Aspek :
1.      Inovatif (kesesuaian tema yang diangkat,hasil dan solusi yang ditawarkan)
2.      Kreatif (Penempatan tata letak, pemilihan warna, penempatan gambar,dan kesulitan desain)
3.      LIKE (Berdasarkan yang paling banyak di-LIKE di fanspage ssc)
Mekanisme penilaian
1.      Aspek Inovatif                                    35 %
2.      Aspek Kreatif                                     35 %
3.      Aspek LIKE                                       30 %

Untuk info lengkap silahkan download panduan kegiatan disini 
Untuk pendaftaran silahkan Klik disini


Informasi Terkini IPC



Waktu Pelaksanaan  :
1.    17 -  29 Mei 2013                      : Batas waktu registrasi pembayaran
2.    17 -  29 Mei 2013                      : Batas waktu pengiriman karya (cap pos) oleh peserta dan
  pengiriman naskah online.
3.    30 Mei 2013                              : Batas Karya diterima Panitia
4.    31 Mei  – 4 Juni 2013                : Proses penjurian dan penilaian karya
5.    5 Juni 2013                                : Pengumuman karya yang lolos ke babak final
6.    14 Juni 2013                              : Technical Meeting Finalis
7.    15 Juni 2013                              : Presentasi Finalis
Mekanisme                 :
1.        Peserta yang lolos seleksi abstraks selanjutnya mengirimkan karya tulis ilmiahnya secara lengkap sesuai format sistematika penulisan yang telah ditentukan.
2.        Peserta membayar biaya registrasi pembayaran sebesar Rp. 50.000 setiap karya dan mentransfernya ke nomor rekening 0226756324 (BNI) atas nama Susanti Dwi Wardani dan segera konfirmasi telah mentransfer melalui sms ke Sulistyaningsih : 087887159120
3.        Peserta mengirimkan bukti pembayaran scan/foto bersama dengan pengumpulan karya tulis dalam bentuk softcopy (odt,doc,docx,atau pdf) dengan format judul subject: SV_SSC_IPC_nama ketua kelompok_Universitas ke alamat email: ipcsvssc2013@yahoo.com  dan dilengkapi lampiran scan/foto KTM masing-masing anggota 1 buah paling lambat tanggal 29 Mei 2013 pukul 23.59 WIB.
4.        Peserta harus mengirimkan 3 eksemplar karya tulis (hardcopy), beserta fotokopi bukti pembayaran, KTM masing-masing anggota dan 1 buah foto ukuran 3×4 ke Sekretariatan SSC dengan alamat:
SEKRETARIAT GEDUNG PKM KAMPUS FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEKARAN Jl. Raya Sekaran Gunungpati Semarang, 50229 No Hp. 085741382911 paling lambat 29 Mei 2013 2013 (Cap Pos).
5.        Peserta wajib menyertakan nomor handphone dan alamat email yang dapat dihubungi pada karya tulisnya.
6.        Peserta akan diseleksi untuk menentukan Finalis yang akan akan diumumkan melalui sms dan blog pada tanggal 5 Juni 2013.
7.        Finalis wajib mempresentasikan karyanya di Kampus Universitas Negeri Semarang sebagai penentuan juara I,II,III tanggal 15 Juni 2013.
8.        Karya tulis dikirimkan dalam bentuk hardcopy rangkap 3 dan softcopy.
9.        Softcopy dalam bentuk pdf (cover hingga lampiran dijadikan dalam satu file) dengan format nama file: 3 kata awal dari judul karya_Asal Universitas yang dikirimkan ke alamat email ipcsvssc2013@yahoo.com
10.    Karya Tulis dijilid dengan softcover warna biru muda. Melampirkan Fotocopy bukti transfer pembayaran, Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa, Surat Orisinalitas Karya
11.    Berkas karya tulis dan semua lampiran dimasukkan dalam amplop coklat bertuliskan “INDONESIA PAPER COMPETITION” sebelah kiri kanan.
Sistematika Penulisan                       :
1.    Bagian Awal
a.    Halaman judul* (Cover)
i.      Judul diketik dengan huruf besar (kapital), hendaknya ekspresif, sesuai, dan tepat dengan masalah yang ditulis, serta tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
ii.    Logo perguruan tinggi.
iii.  Nama dan NIM penulis ditulis dengan jelas.
iv.  Perguruan tinggi, kota asal dan tahun penulisan ditulis dengan jelas.
v.    Halaman judul (cover) menggunakan kertas Buffalo warna biru muda ukuran A4.
b.   Lembar Pengesahan* (Judul Bab)
i.      Lembar pengesahan memuat Judul, nama lengkap ketua kelompok, nomor induk mahasiswa, jurusan/fakultas, asal perguruan tinggi, jumlah anggota, no. telp/HP, serta nama, NIP, dan no.telp/HP Dosen Pembimbing (contoh terlampir).
ii.    Lembar pengesahan ditandatangan oleh Ketua Kelompok dan Dosen Pembimbing.
iii.  Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
c.    Lembar Pernyataan* (Judul Bab)
Lembar pernyataan keaslian dan belum pernah dikompetisikan dan atau dipublikasikan tanpa materai yang ditanda tangani Ketua Kelompok dan Dosen Pembimbing. (contoh terlampir).
d.   Kata Pengantar (Judul Bab)
e.    Daftar isi
f.     Daftar Gambar / Tabel / Daftar Lampiran jika diperlukan (Judul bab)
g.    Ringkasan (Judul Bab)
Ringkasan karya tulis (bukan abstrak) disusun maksimal 1 halaman (1 spasi ) yang merupakan inti sari seluruh tulisan meliputi : latar belakang, tujuan,landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, dan kesimpulan. Di bagian bawah ringkasan disertakan 3 – 5 kata kunci (key word).
2.    Bagian Inti (Bukan Bab)
Judul bab dari bagian inti adalah sebagai berikut :
a.    Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
i.      Latar belakang berisi gambaran umum mengenai topik yang diangkat serta alasan memilih pokok permasalahan menjadi karya tulis.
ii.    Perumusan masalah berisi uraian tentang inti permasalahan yang akan ditelaah.
iii.  Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b.   Tinjauan Pustaka
Tinjauan Pustaka berisi:
i.      Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji;
ii.    Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
iii.  Kutipan akan lebih baik bila diambil dari sumber pustaka primer seperti jurnal penelitian, buletin, buku, prosiding seminar, maupun internet. Namun tidak diperbolehkan mengutip dari blog milik pribadi.
c.    Metode Penulisan (non research) / Metode Penelitian (research)
i.      Metode penulisan menyajikan langkah-langkah / prosedur pengumpulan data atau informasi.
ii.    Metode penelitian berisi bagaimana observasi dilakukan termasuk waktu, lama dan tempat dilakukan observasi, bahan dan alat yang digunakan, metode memperoleh data / informasi, serta cara pengolahan data dan analisis yang dilakukan.
d.   Pembahasan (non research) / Hasil dan Pembahasan (research)
i.      Non Research : Uraian hasil kajian, temuan, ide pengembangan yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan didasarkan pada data atau informasi serta tinjauan pustaka.
ii.    Research : Hasil berisi informasi/data/hasil pengujian data dari observasi atau penelitian yang dilakukan. Pembahasan berisi tentang uraian, interpretasi data dan analisis berkaitan dengan temuan-temuan dari observasi atau penelitian yang dilakukan
3.    Bagian Akhir (Bukan bab)
Judul bab dari bagian penutup adalah sebagai berikut :
a.    Simpulan dan Saran
i.      Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
ii.    Saran disampaikan secara spesifik sejalan dengan implikasi kebijakan.
b.   Daftar Pustaka
Ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya dan waktu pengambilan.
c.    Daftar Riwayat Hidup
Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, dan penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
d.   Lampiran (jika diperlukan)
A.  Persyaratan Penulisan
1.    Naskah ditulis maksimal 15-25 halaman. Jumlah halaman tidak termasuk cover, halaman pengesahan, ringkasan, daftar isi/gambar/tabel serta lampiranlampiran). Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman akan mempengaruhi penilaian.
2.    Karya tulis merupakan gagasan orisinil buatan peserta dan belum pernah atau tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.
3.    Bahasa Indonesia yang digunakan harus baku dengan tata bahasa dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).
4.    Karya Tulis dijilid menggunakan kertas Buffalo warna biru muda ukuran A4 tanpa mika, rangkap 3.
B.  Petunjuk Teknis Penulisan dan Pengetikan
1.    Penulisan Huruf
Naskah diketik pada kertas HVS warna putih ukuran A4 dengan 1,5 spasi dan menggunakan jenis dan ukuran huruf “times new roman 12”.
2.    Tata Letak
Batas pengetikan: Samping kiri 4 cm Samping kanan 3 cm Batas atas 3 cm batas bawah 3 cm
3.    Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
a.    Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 1,5 spasi.
b.    Bab dan Judul Bab diketik di tengah-tengah menggunakan huruf besar, dicetak tebal, dan tanpa digaris-bawahi.
c.    Judul Sub-bab ditulis dari samping kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
d.   Judul anak Sub-bab ditulis dari samping kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
4.    Pengetikan Kalimat
a.    Awal alinea diketik menjorok 5 point atau 1,25 cm.
b.    Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
1.    Penomoran Halaman
a.    Nomor pada bagian awal mulai dari lembar pengesahan hingga ringkasan digunakan Angka Romawi Kecil (i, ii, iii, iv dan seterusnya).
b.    Bagian inti karya tulis mulai dari Pendahuluan sampai dengan Bagian Penutup memakai angka Arab (1, 2, 3 dan seterusnya).
c.    Nomor halaman ditulis pada bagian kanan atas.