Penjelasan Small Intensive Class (SIC)


1.   Karya Tulis Ilmiah, momok bagi mahasiswa, right or true???
Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa membenarkan statement di atas, mungkin anda adalah salah satu diantaranya. Tapi, apakah anda yang sedang membaca atau memegang buku ini sadar benar bahwa sebentar lagi anda akan melejit menaiki roket akselerasi menuju planet dengan sejuta ide untuk menulis karya ilmiah, anda siap? Segera kencangkan sabuk keselamatan anda, karena mungkin speed yang digunakan bisa jadi membuat anda shock!!!
Mahasiswa, ketika ditelisik lebih lanjut terdiri dari dua kata, yakni maha dan siswa. Maha mengandung makna besar, agung, dan siswa bermakna siswa, murid. Secara eksplisit kata mahasiswa mempunyai arti seorang siswa yang agung, agung di sini mempunyai makna sudah mencapai kelas yang tinggi atau pemahaman yang mendalam terkait apa yang sedang ia pelajari dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi ilmu pengetahuan untuk mencari pengetahuan baru dalam rangka memperkaya khazanah ilmu pengetahuan menjadi poros kegiatan mahasiswa di perguruan tinggi.

Budaya riset, budaya membaca jurnal ilmiah dan hasil penelitian terbaru, budaya diskusi, dan budaya menulis karya ilmiah seharusnya berkembang pesat di kalangan mahasiswa. Namun, untuk saat ini di kampus kita tercinta universitas konservasi, budaya semacam ini menjadi langka, sangat sedikit sekali mahasiswa yang mau membiasakan diri dengan hal-hal tersebut di atas.
Sedangkan regulasi yang ada menyebutkan bahwa untuk dapat mendapatkan gelar sarjana, doktor, magister, bahkan sampai profesor, mahasiswa dituntut untuk membuat karya tulis ilmiah, kita menyebutnya sebagai skripsi, tesis, dan disertasi. Semua mahasiswa wajib membuatnya, mau tidak mau, suka tidak suka, bisa atau tidak bisa semua mahasiswa harus menempuh proses ini.
Seperti pepatah orang jawa yang mengatakan bahwa bisa karena biasa, dalam rangka memudahkan mahasiswa dalam menempuh proses pembuatan karya tulis ilmiah dibutuhkan suatu kebiasaan (habit). Kebiasaan ini yang nantinya akan membuat mahasiswa lebih mudah dalam menyelesaikan studinya.
Untuk itu, SSC FMIPA bersama dengan Lembaga Keilmiahan Jurusan atau Program Studi di FMIPA Unnes sebagai motor penggerak keilmiahan di FMIPA dengan ini mempersembahkan SIC (Small Intensive Class) sebagai solusi bagi mahasiswa FMIPA Unnes yang ingin mengasah kemampuan dalam bidang karya tulis ilmiah. SIC merupakan suatu bentuk pendampingan karya tulis ilmiah melalui diskusi dalam kelompok kecil yang berkelanjutan dan didampingi oleh seorang tentor yang berkompeten di bidang karya ilmiah. Harapannya, melalui SIC ini kita dapat memfasilitasi mahasiswa untu mencetak generasi yang UBER, Unggul dan Bermakna.
Akhirnya, selamat bergabung dengan SIC MIPA, together we share, together we can.
2.   LEBIH DEKAT dengan SIC...,
SIC (Small Intensive Class) merupakan salah satu program kerja unggulan departemen PSDM SSC FMIPA dan Lembaga Keilmiahan Jurusan atau Program Studi di FMIPA . Program ini dibuat untuk membangun pola pikir mahasiswa mengenai konsep dirinya sebagai mahasiswa selaku agen perubahan peradaban bangsa yang nantinya akan membentuk peradaban Indonesia yang lebih baik melalui karya-karya besarnya dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
VISI DAN MISI
Visi:
melalui SIC, kita akan membangun generasi yang memahami konsep dirinya sebagai mahasiswa secara utuh, lekat dengan budaya ilmiah dalam rangka membangun FMIPA madani 2018.
Misi:
1.      Mengemas SIC dengan sajian berbeda untuk mengurangi kejenuhan mahasiswa
2.      Menjalankan fungsi kontroling secara berkala terkait keberlangsungan SIC
3.      Menerapkan prinsip melayani dengan hati terhadap segala kesulitan mahasiswa dalam pembuatan karya tulis ilmiah
4.      Peningkatan kemampuan sumber daya tentor SIC melalui training yang berkelanjutan

PERAN SIC
SIC berperan dalam memberikan pendampingan karya ilmiah dari dan oleh mahasiswa, sebagai wadah dan ajang diskusi ilmiah dalam kelompok kecil, serta sebagai motor penggerak keilmiahan di FMIPA. SIC yang nantinya akan mencetak mahasiswa yang unggul dalam bidang karya tulis ilmiah, berkepribadian luhur, serta mempunyai kepekaan terhadap lingkungan di sekitarnya.
PELAKSANAAN SIC
SIC akan dilaksanakan setiap minggu, adapun waktu pertemuan diserahkan kepada kelompok yang bersangkutan yang disesuaikan dengan jadwal peserta dan tentor. SIC dilakukan selama 90 menit dengan tempat bebas, bergantung kesepakatan anggota kelompok.
MUARA SIC dan Outputnya…,
SIC akan bermuara pada lomba karya tulis ilmiah antar kelompok. Di akhir pertemuan SIC akan ada ujian akhir dan wisuda SIC, sedangkan output SIC adalah mahasiswa yang mempunyai kemampuan dala membuat karya tulis ilmiah dengan mengirimkan PKM, mengikuti lomba karya tulis ilmiah antar kelompok SIC, dan mengikuti lomba-lomba lain sebagai follow up ke depannya.
PESERTA SIC
Peserta SIC adalah semua mahasiswa FMIPA yang memenuhi persyaratan sebagai berikut
a.       Berkeinginan untuk mengembangkan kemampuan karya tulis ilmiah
b.      mendaftarkan diri melalui sms dengan ketentuan
ketik: SIC (spasi) MIPA (spasi) Nama Lengkap (spasi) NIM (spasi) Prodi ke 085740828325/085742304638
c.       membuat Idea Concept Paper (ICP) dan Curriculum Vitae (CV) dan diserahkan ketika pelaksanaan Reason Telling
d.      mengikuti Reason Telling atau menceritakan alasan mengapa mengikuti program SIC yang dalam bahasa lain biasa disebut wawancara, interview, litsus dan sebagainya yang akan dilakukan di secretariat SSC FMIPA, gedung PKM FMIPA
FASILITAS SIC
a.       Ilmu
Dalam hal ini adalah ilmu yang berkaitan dengan Karya Tulis Ilmiah, seperti penggunaan referensi yang baik, kesinambungan anar bab, dan lain sebagainya
b.      Tentor
Tentor berfungsi sebagai pemateri dalam setiap kelompok SIC yang juga berperan sebagai pemimpin diskusi dalam kelompok tersebut
c.       Kelompok Diskusi
Kelompok diskusi ini terdiri dari 1 orang tentor dan 5-8 orang tentee (peserta SIC)
d.      Lingkungan Ilmiah
Akivitas kelompok SIC nantinya akan menciptakan lingkungan yang ilmiah bagi tentor dan tentee (peserta SIC)
e.       Simulasi lomba KTI
Di waktu tertentu, kelompok-kelompok SIC akan dipertemukan satu sama lain untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah antar kelompok sebagai bekal untuk ke depannya
f.       Sertifikat
KONTRIBUSI
Dalam program SIC ini, peserta SIC dikenakan biaya konribusi sebesar Rp 10.000,00 yang nantinya akan dipergunakan untuk keperluan peserta sendiri, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, seperti snack ketika launching, keperluan pembicara, kebuuhan lomba antar kelompok, dan lain sebagainya. Pembayaran dilakukan pada saat launching, dalam artian hanya dibayarkan ketika pendaftar telah resmi diumumkan menjadi peserta
TIME LINE         
12 – 19 september 2013          à registrasi
18 – 20 september 2013          à reason telling + pengumpulan ICP dan CV
21 september 2013                  à pengumuman peserta SIC
22 september 2013                   à launching SIC + daftar ulang
3.   BEBERAPA PERATURAN SIC
a.    Semua peserta SIC wajib mengikuti seluruh pertemuan SIC, ijin tidak hadir hanya diperuntukkan untuk peserta yang mempunyai kebutuhan mendesak dan harus membuat ijin tertulis kepada kepala sekolah SIC dan mendapat ijin dari tentor.
b.   Semua peserta SIC harus aktif dalam setiap pertemuan SIC, mengerjakan tugas yang diberikan, dan membangun iklim ilmiah yang kondusif.
c.    Semua peserta SIC akan diberikan kartu kendali yang digunakan untuk mengontrol setiap pertemuan.
d.   Semua peserta SIC harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan selama mengikuti pertemuan SIC.
e.    Semua peserta SIC harus mengikuti ujian akhir dan wisuda SIC.
f.    Peserta yang lulus SIC berhak memperoleh sertifikat.
g.   Peserta SIC dinyatakan lulus apabila telah mengikuti 75% seluruh pertemuan SIC dan mengerjakan semua tugas yang diberikan.
h.   Alumni peserta SIC berhak mendapatkan informasi mengenai lomba-lomba yang akan dilaksanakan, baik lingkup Unnes maupun lingkup perguruan tinggi lain.
i.     Materi dalam setiap pertemuan terlampir.
j.     Semua peserta SIC harus saling menghargai antar peserta dan antara peserta-tentor.
k.   Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan ini dapat diatur kemudian



















Text Box: KARTU KENDALI
 




Nama                          :
NIM                            :
Jurusan/Prodi            :
Nama Kelompok       :
Nama Tentor                         :

No.
Tanggal
Agenda
Paraf Peserta
Paraf Tentor
1
Minggu Ke-3 September
Launching dan Grand Opening SIC MIPA


2
Minggu Ke-4 September
SIC Pekan 1: Karya Ilmiah dan Jurnal


3
Minggu Ke-1 Oktober
SIC Pekan 2: Pengajuan Judul PKM dan Diskusi serta Penggalian ide


4
Minggu Ke-2 Oktober
SIC Pekan 3: Editing dan Revisi PKM


5
Minggu Ke-3 Oktober
SIC Pekan 4: Editing dan Revisi PKM


6
Minggu Ke-4 Oktober
SIC Pekan 5: Teknik Presentasi dan Poster


7
Minggu Ke-1 November
Pertemuan Akbar dan Sosialisasi LKTI Antar Kelompok


8
Minggu Ke-2 November
SIC Pekan 6: Membuat Karya Tulis


9
Minggu Ke-3 November
SIC Pekan 7: Revisi LKTI


10
Minggu Ke-4 November
SIC Pekan 8: Revisi LKTI


11
Minggu Ke-1 Desember
SIC Pekan 9: Revisi LKTI


12.
Minggu Ke-3 Desember
Presentasi dan Grand Final LKTI Antar Kelompok


13
Minggu Ke-3 Desember
Ujian Akhir SIC




0 komentar:

Posting Komentar