PROFIL SSC


PROFIL
STUDENTS SCIENTIFIC CENTER (SSC) 2015 FMIPA UNNES

Students Scientific Center (SSC) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang yang membidangi minat mahasiswa di bidang keilmiahan. UKM SSC dibentuk seiring dengan menguatnya budaya menulis karya ilmiah di kampus FMIPA.  SSC bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa yang ilmiah, religius, kokoh, prestatif dan berkompeten. Secara historis, SSC dirumuskan oleh mahasiswa FMIPA yang telah malang melintang dalam kegiatan lomba karya tulis ilmiah yang menamakan diri sebagai tim formatur, diantaranya M. Abdul Basir, Fitria Hima M, Mobinta Kusuma, dan Anita. Selanjutnya SSC menjadi Badan Semi Otonom (BSO) BEM FMIPA selama setahun, hingga pihak kemahasiswaan FMIPA menurunkan SK yang menetapkan SSC sebagai UKM di tingkat fakultas. Secara berurutan dari tahun 2007 hingga 2011, SSC diketuai oleh Mobinta Kusuma (Biologi 2003), Eko Setiyono (Biologi 2004), Siti Lisakdiyah (Matematika 2006), Aji Christian Bani Adam (Kimia 2007),  Mualimin (Biologi 2008), Dewangga Oky A (Kimia 2009), Yanuar Ary Prasetyo (Biologi 2010), Dwi Fahmi Ilmiawan (Matematika 2011) dan Catur Supriyanto (Kimia 2012).
Visi yang diusung SSC 2015 adalah kontribusi nyata sahabat hebat untuk sahabat MIPA. Sedangkan misi yang diusung adalah (1) Mengoptimalkan budaya diskusi ilmiah bagi mahasiswa MIPA; (2) Mengoptimalkan kesekretariatan sebagai wahana diskusi keluarga SSC; (3) Meningkatkan kualitas dan kuantitas prestasi mahasiswa MIPA di bidang keilmiahan; (4) Meningkatkan semangat dan kemampuan pengurus dalam bidang penelitian.
Kepengurusan SSC meliputi Pengurus Harian, departemen PSDM, departemen Penelitian dan Pengembangan Sains (Litbangsains), departemen Pendidikan dan Kepelatihan (Diklat), departemen Humas dan Informasi (HI), serta departemen Sciencepreunership. Pengurus Harian yang terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara yang secara umum bertugas mengontrol dan melaksanakan kegiatan keseharian rumah tangga SSC. Departemen PSDM secara terfokus mewujudkan SDM yang unggul dan menyiapkan SDM organisasi yang kelak akan meneruskan estafet kepengurusan SSC. Di sisi lain, Departement PSDM juga memberikan fasilitas bagi mahasiswa MIPA yang membutuhkan pembinaan di bidang keilmiahan secara rutin. Departemen Penelitian dan Pengembangan Sains mempunyai fokus untuk mengembangkan kemampuan sains dan penelitian bagi mahasiswa MIPA melalui kegiatan yang bersifat diskusi maupun yang berupa perlombaan. Departemen Diklat mempunyai fungsi sebagai departemen yang memberikan pendidikan dan pelatihan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa MIPA. Fokus pendidikan dan pelatihan adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan tentang karya tulis, membekali english soft skill  bagi mahasiswa serta sebagai sarana mengabdikan diri kepada masyarakat. Departemen HI berfungsi sebagai fasilitator bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang agenda-agenda keilmiahan dan pedoman penyusunan karya tulis ilmiah serta mempublikasikan SSC dan agenda-agendanya. Upaya yang ditempuh antara lain melalui media cetak maupun media sosial. Departemen sciencepreunership merupakan departemen yang berfungsi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mendatangkan pemasukan bagi anggaran kas SSC sehingga SSC tidak mutlak tergantung dengan keuangan yang diperoleh dari pihak birokrasi fakultas MIPA.
                                       
“.....SSC 2015 Kita Hebat.....”
(Saintis Muda Inspiratif)

0 komentar:

Posting Komentar