MIPA Songsong Program Baru Dikti

Menindaklanjuti pembaharuan yang dilakukan Dikti terkait event-event keilmiahan, dimana mulai tahun 2009 Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) ditiadakan dan sebagai gantinya diadakan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tulis (PKMGT) dengan batas pengumpulan tanggal 10 Maret 2009, maka sudah selayaknya mahasiswa MIPA tanggap dengan kebijakan tersebut. Secara content karya tulis dan sistematika, keduanya tidak jauh berbeda. Namun, perbedaan jelas terlihat dalam proses seleksi. PKMGT tidak diseleksi secara beruntun pada tingkat jurusan, fakultas, universitas hingga wilayah, tetapi langsung dikumpulkan ke Dikti dan diseleksi secara nasional. Mereka yang lolos seleksi berkesempatan mengikuti PIMNAS di Universitas Brawijaya, Malang.

Info lain yang patut diketahui adalah, bahwa tahun ini Program Kreativitas Mahasiswa Ilmiah (PKMI) berganti nama menjadi PKM Artikel Ilmiah (PKMAI). Dalam hal ini, mahasiswa yang lolos PKMAI tidak lagi menjadi peserta PIMNAS. Mereka mendapat reward berupa uang pembinaan dan penerbitan makalah dalam jurnal ilmiah.

Menyikapi perkembangan tersebut, MIPA sebagai fakultas yang boleh dibilang pioneer dalam kegiatan berbau ilmiah, maka penyiapan-penyiapan selalu dipersiapkan untuk kembali mendongkrak Unnes dalam PIMNAS tahun ini. Serangkaian kegiatan tersebut meliputi

1. Workshop PKMAI

Acara tersebut mengundang mahasiswa MIPA yang telah lolos PKM pada tahun 2008, mahasiswa yang telah melakukan KKL, KKN atau PPL untuk mempersiapkan artikel ilmiah hasil kegiatan yang telah dilakukan melalui program-program tersebut. Workshop PKMAI direncanakan pada hari Selasa, 3 Maret 2009 dan ditangani sepenuhnya oleh bagian kemahasiswaan FMIPA bekerja sama dengan pendamping karya ilmiah, Dra Sri Mantini R. S., M. Si. Info lebih lanjut bisa menghubungi beliau.

2. Workshop PKMGT

Workshop ini secara umum mengundang seluruh mahasiswa MIPA yang berminat menyertakan karyanya dalam PKMGT. Berbeda dengan workshop karya ilmiah yang biasanya diselenggarakan dua hari, kegiatan kali ini direncanakan hanya setengah hari, pada hari Rabu, 4 Maret 2009 dari pukul 07.00 s.d. 13.00 WIB, untuk mengefektifkan waktu. Akan tetapi, seperti biasa, workshop tersebut ditangani oleh personel SSC, kelompok studi sains dan edukasi FMIPA Unnes.

3. Pendampingan PKM

Kegiatan ini khusus diperuntukkan untuk 78 kelompok mahasiswa MIPA yang PKM mereka tahun ini didanai Dikti. Pendampingan ditujukan sebagai bentuk monitoring internal, sehingga mereka tidak gagap dalam menghadapi monitoring dan evaluasi dari Reviewer Dikti. Bisa dikatakan acara ini wajib dihadiri oleh perwakilan masing-masing kelompok. Mereka diminta hadir pada hari Jumat, 13 Maret 2009 pukul 13.00 s.d. selesai dan pada hari Sabtu, 14 Maret 2009 pukul 08.00 s.d. selesai. Pada kesempatan tersebut, peserta diminta mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok dan kesulitan yang dihadapi. Jadi, bersiaplah dari sekarang.

Posted in:

0 komentar:

Posting Komentar