TAWARAN PENELITIAN ZAKAT

LATAR BELAKANG

Dunia perzakatan Indonesia secara geliat perkembangan kelembagaan telah mengalami perkembangan dengan menjamurnya lembga-lembaga organisasi pengelola zakat di Indonesia. Program-program yang dikembangkan oleh organisasi pengelola zakat pun semakin bervariasi dan menunjukan kekhasan antar lembaga pengelola zakat. Cita-cita yang diusung oleh para lembaga pengelola zakat adalah bagaimana mentrasformasikan mustahik menjadi muzakki , zakat dilihat sebagai tools atau alat untuk pengentasan kemiskinan.

Pengelolaan zakat adalah sebuah system yang total yang mengalir dengan mekanisme pengelolaan dana (penghimpunan) serta melakukan tata kelola kelembagaan (proses profesionalitas amil dan lembaga) serta program-program implementasi zakat (pendayagunaan). Merujuk pada hal tersebut maka Zakat sebagai sebuah "lahan" penelitian serta kajian memebrikan ruang yang luas untuk di telaah lebih dalam ketika secara isu zakat masih dalam wilayah yang belum banyak mendapatkan perhatian masyarakat luas.

Wahana yang coba mengeser isu zakat adalah dengan melakukan kontestasi wacana pada tingkat dan level yang lebih luas, hal ini dilakukan untuk menarik zakat sebagai sebuah tools atau alat dalam pengentasan kemiskinan. Kongkritisasi dari hal tersebut ialah melakukan aktivitas penelitian dengan berbagai macam perspektif, sehingga dapat menumbuhkenali persoalan zakat yang akan meluas dan menjadi agenda membangun wacana serta analisis data yang holistik.

Berdasarkan pada hal tersebut, Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ), sebuah institusi penelitian, advokasi, pengembangan kapasitas, dan pusat informasi pengelolaan zakat nasional, mencoba memberikan ruang aktualisasi dan kontestasi untuk membangun pondasi pemikiran, teori serta data lapangan melalui kegiatan penelitian yang memberikan ruang bagi setiap individu untuk mengarusutamakan isu zakat dalam berbagai dimensi.



OBJEKTIF PROGRAM

Memperkaya kajian ilmiah tentang zakat sehingga menambah wacana dan publikasi.

Menjadikan zakat sebagai bagian dari diskursus ilmiah di lingkungan akademisi.

Menjadi wahana dan sarana kontestasi pemikiran tentang zakat secara ilmiah.



NAMA PROGRAM

"Call for Zakat Research 2010"

IMZ memanggil mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir yang ingin melakukan studi dan kajian mendalam tentang Zakat dengan segalam macam dimensi dan aspek yang berada didalamnya. Dengan Ini IMZ memberikan GRANT PENELEITIAN bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian tentang ZAKAT.



KANDIDAT PROGRAM

Mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana tingkat akhir yang sedang melakukan riset akhir dengan beragam latar belakang kompetensi dan disiplin keilmuan.



KATEGORI TEMA

Secara khusus tiga kategori tema penelitian tersebut, yakni:

1. Strategi Penghimpunan Zakat yang Progresif

Contoh tema: Model Pemasaran dan Publikasi Organisasi Pengelola Zakat dalam Rangka Optimalisasi Penghimpunan Zakat; Model Pemanfaatan Media Massa dan Elektronik dalam Membangun Kognisi Publik dalam Penghimpunan Zakat; ...

2. Profesionalisme Keuangan dan Manajemen Organisasi Zakat

Contoh tema: Manajemen Organisasi Pengelola Zakat yang Profesional dan Modern; Sistem Pengelolaan Keuangan Organisasi Pengelola Zakat yang Transparan dan Akuntabel; Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Kapasitas Organisasi Pengelola Zakat; ...

3. Efektifitas Program Pendayagunaan Zakat dalam Pengentasan Kemiskinan

Contoh tema: Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin yang Tepat Sasaran pada Organisasi Pengelola Zakat; Kaji Dampak Pendayagunaan Zakat pada Organisasi Pengelola Zakat dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Bidang Ekonomi, Kesehatan, atau Pendidikan; atau Model Indikator Performa Program sebagai Evaluasi Kinerja Pemberdayaan Masyarakat Miskin pada Organisasi Pengelola Zakat.



(untuk tema penelitian lain yang terkait dengan pengelolaan zakat, dapat diajukan)

PERSYARATAN PESERTA

Fotokopi KTP dan KTM

Proposal Penelitian

Transkrip IPK

Surat Keterangan Akademik Aktif

Lembar Persetujuan Dosen Pembimbing Penelitian

Rincian anggaran kebutuhan dana penelitian (maksimal 7 juta rupiah, disediakan bagi 3 proposal penelitian yang dinilai terbaik dan layak)

Tabel jadwal (time table) penelitian (maksimal 6 bulan)

BATAS PENGUMPULAN

Batas waktu pengumpulan proposal penelitian dan berkas kelengkapan persyaratan tanggal (Rabu) 12 Mei 2010, pukul 11.00 WIB.

Proposal dan berkas kelengkapan dapat dikirim melalui e-mail ke: zakahresearch.imz@gmail.com (cc ke: hanumisme@yahoo.com) atau dikirim langsung (bukan via pos) ke IMZ Building, Ciputat Indah Permai, Blok A-12, Jl. Ir. H. Juanda no.50, Ciputat.



Informasi Lebih Lanjut, hubungi:

Hudzaifah Hanum

Telp: 0857 1660 5005

IMZ Office

Telp: 021 741 8607 | Faks: 021 741 8867 | www.imz.or.id

0 komentar:

Posting Komentar